Cara Setting Mode Operasi dan Frekuensi HT Alinco DJ W10

Tutorial Radio Komunikasi - Ht Alinco DJ W10 merupakan salah satu perangkat komunikasi terbaik di dunia yang diproduksi oleh perusahaan radio komunikasi Alinco asal Jepang. Pembuatan dan perakitan dilakukan dengan menggunakan teknologi yang sudah mapan. HT Alinco DJ W10 juga telah lolos uji kualitas, sehingga Anda tidak perlu ragu memilih produk Alinco ini.

Cara Setting HT Alinco DJ W10

Anda akan merasakan banyak keuntungan, ketangguhan desainnya bisa bertahan hingga bertahun-tahun, selain itu Cara Setting HT Alinco DJ W10 juga sangat mudah diterapkan.

Cara Setting Mode Operasi dan Frekuensi

Ada dua mode operasi DJ W10, Anda bisa menggunakan mode VFO dan mode Channel. Kedua settingan tersebut bisa dilakukan melalui program komputer atau secara manual, namun beberapa parameter setting berbeda untuk keduanya. 

Jika Anda melakukan setting dengan menggunakan program komputer, Langkah pertama yang dilakukan adalah Dengan memasuki menu 'General Setting', lalu klik 'Display Mode'. Nah disini Anda bisa memilih mode VFO atau mode Channel.

Untuk setting HT Alinco DJ W10 secara manual adalah dengan memasuki 'Display Mode'. Tombol [D] berfungsi sebagai tombol untuk peralihan dari mode VFO ke mode Channel dan sebaliknya. 

Jika ingin menggunakan mode Channel, pilih 'memori mode/Freq+Channel' untuk setting. Pilih 'frequency + mode Channel' untuk memasukan frekuensi yang diinginkan. 

Tidak hanya menampilkan frekuensi berupa angka, Anda juga bisa menampilkan nama seseorang 'nickname' dengan memilih 'memory mode/name tag+channel number'.

Untuk Mode VFO atau mode Frekuensi, Anda hanya bisa melihat tampilan berupa nilai atau angka. Pada mode ini, nomer-nomer numerik dari frekuensi bisa langsung dimasukkan. 

Tekan [D] untuk pindah ke mode VFO, lalu input angka atau nilai frekuensi sebanyak 6 digit. Jika ingin melakukan perubahan frekuensi, maka nilai terakhirlah yang akan digunakan. Frekuensi Terakhir ini akan tetap tersimpan meski HT dimatikan.

HT Alinco DJ W10 juga bisa membantu menggunakan mode radio kormesial dengan memilih mode 'CH'. Tidak hanya scanning, semua pengaturan mode ini harus melalui program komputer.

Pengaturan-pengaturan tersebut meliputi frekuensi, Beep on/off, DTMF encode serta kunci keypad. Mode tersebut juga bisa menampilkan nama pemilik frekuensi di layar LCD bersama dengan nilai frekuensinya.

Cara setting menggunakan keypad secara manual ataupun program komputer, keduanya sama-sama mudah dilakukan. Frekuensi yang digunakan adalah frekuensi FM resmi. Pemilihan frekuensi harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu pengguna lain.

1 comments

kalau mau setting ALINCO DJ W100 ke RPU ..gimna ya...?


EmoticonEmoticon