Cara Setting HT Weierwei 3288


Mempunyai beberapa radio ht, dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi jinjing, yang bisa dibawa kemana-mana tanpa harus ribet, membawa power supply, antena dan lain sebagainya.

HT (handy transceiver), perangkat radio jinjing yang dikemas sedemikian rupa, dijadikan sebagai alat komunikasi, sudah dilengkapi dengan baterai, rubber antena (antena jengkalan), dilengkapi dengan fungsi menu, repeater,scramble,duplex, dan lain-nya.

Karena kebutuhan akan alat komunikasi, banyak perusahaan berlomba-lomba membuat radio ht, dengan berbagai variasi bentuk, fungsi menu,kelengkapan, kelebihan-kelebihan lain yang tidak ada pada perangkat radio sebelumnya. Dengan persaingan bisnis tersebut, kita bisa memilih radio ht, sebagai alat komunikasi portable, sesuai selera dan keinginan kita sendiri.

Beberapa merek radio buatan china seperti, weirwei,olinca,suicom,firstcom,vitai dan lain sebagainya, saat ini sudah banyak  sekali ht, yang beredar di toko-toko radio dan elektronik dengan harga yang terjangkau (bisa dibilang murah), ada sebagian orang emang anti dengan radio buatan china, lebih mencari radio lama, sekalipun perangkat radio (bekas), tersebut harganya mahal, gak tau apa alasan-nya, kalau saya pribadi, cari radio yang berteknologi dan sesuai dengan kantong.


Radio HT Weierwei V 3288

weirwei

Handy Transceiver ini terbilang banyak sekali penggemarnya, dikarenakan harga, control menu, bentuk dan ukuran serta fungsi-menu-nya mudah dipergunakan, apalagi jika dilihat dari kecanggihan menu control yang dimiliki radio ht weierwei v 3288, tidak ketinggalan dari radio HT terkenal seperti :Motorola, Icom, Alinco, Kenwood dan Yaesu.


Cara Setting Radio Weirwie HT V 3288


Panduan Seting Radio HT Weirwei biasanya terdapat pada manual book saat membeli radio tersebut, itu kalau kita beli perangkat baru, sebelumnya pernah posting bagaimana cara seting radio atau panduan setting HT Icom IC-V80 

Radio HT Weirwei adalah HT murah tapi bukan murahan dilihat dari fungsi-fungsi yang terdapat pada program ht tersebut. Pengaturan menu dan cara seting untuk dapat berkomunikasi melalui repeater juga tidak sulit, dari pengaturan duplex yang diinginkan juga termasuk tonenya sudah dilengkapi tinggal setting melalui menu yang ada.

Berikut Panduan atau Manual untuk HT Weirwei VEV-3288 juga spesifikasinya.


Bentuk HT Weierwei VEV-3288
ht+murah+weirwei

Spesifikasi Weirewei vev 3288 :


Spesfikasi Teknis Umum :


Frequency Range Type : VEV-3288s(V)136~174MHz Channels : 118 Channel Steps : 5k,10k,6.25k,12.5k,25k Power Supply : 7.2V 1200mah LI-ion Operating Temperature : -20°C ~ +60°C Communication Range : 3 ~6km Dimension (H x W x D) : 100 x 55.5 x 31mm Weight : 225g 

Receiver / Penerimaan Radio : 

Sensitivity : <0.20µV Selectivity : 65dB Intermodulation Rejection : 60dB AF Output : 500mW Standby Current : 35mA 

Transmiter / Daya Pancar Radio : 

Power Output : 5W Modulation Type : F3E Spurious Emission : < -65dB Transmit Current : 1300mA/750mA Max. Deviation : ±5kHz Modulation Distortion : < 5% Frequency Stability : ±2.5ppm 

Kelebihan lainnya yang dimiliki radio Weirwei VEV 3288 : 

Weirwei vev 3288, 118 Groups of memory channels Built-in 50 Groups of CTCSS and 104 Groups of DCS Wide(25kHz) and Narrow(12.5kHz) available Come with 1200mAh Li-ion battery Input Freq. By using keypad Display Tag funtion VOX built-in Scan function Three color LCD backlight display Emergency Alarm Programmable by PC (interface cable is not include) Bell ring when receiving signal Priority Scan Function Adjust RF output power Hi/Lo Switching between Channel/Freq. Adjust squelch level(0-9) Busy channel lockout Keypad lock ,TAG funtion 

Cara Setting Radio Weirwei, Komunikasi di Pancar Ulang (Repeater).

Berikut Cara Seting Duplex, Tone, Untuk Repeater Contoh - Misalnya untuk dapat berkomunikasi pada satu repeater dengan frekunsi 143.550Mhz - 155 tone 151.4
  1. Posisi pada VFO tidak di Memori, untuk merubahnya tekan tombol VFO/MR tombol ketiga paling atas.
  2. Tekan angka untuk frekunsi Monitornya 143550 
  3. Seting Spasi/Difffren untuk 155 caranya : klik tombol Menu - kemudian pilih DIFFR? (15) - Klik Tombol Enter. kemudian pilih Spasi Duplexnya 01.550,
  4. Seting Duplex (+) Plus atau (-) Minus caranya : tekan tomboleMenu - Kemudian pilih S - D? (19) - klik tombole Enter. Akan ada 3 Pilihan 0 Tanpa Duplex, - Duplex Minus, + Duplex Plus,
  5. Seting Tone untuk TX klik tombol Menu - Kemudian pilih T-CDC? (18) - klik tombol Enter akan ada 50 mode tone pilih -151.4 (25)
  6. Jika Berhasil Coba tekan PTT dari HTnya sembari perhatikan pada displaynya. Saat PTT belum ditekan angka yang tampil dilayar 143550, tepat diatas angka tersebut ada tanda ( - ) minus, pada saat ditekan akan muncul angka 142000, diatas angka tersebut muncul teks CT dan -.
  7. Untuk menyimpan setingan tadi kedalam memori agar tidak hilang caranya Perhatikan display layar, tekan tombol Menu - kemudian tombol VFO/MR - dipojok kiri atas ada huruf (f), dikanan akan ada angka memori berkedip-kedip, atur dimemori berapa akan disimpan setelah itu tekan tombol enter untuk menyimpan setingan tadi.

Cara Scan Otomatis

Tekan tombol Menu - Kemudian Tombol 1 Scan - Dilayar SCAN ? (1) kemudian tekan tombol Enter. 

Bicara Tanpa Harus Menekan PTT - VOX  

Tekan tombol Menu - Kemudian Tombol 3 VOX - Dilayar VOX ? kemudian tekan tombol Enter, Atur Kepekaan suara Level Voxnya dari 1 hingga 9 Off untuk mematikan fungsi VOXnya. 

Cara Setting Power High dan Low 

Tekan tombol Menu - kemudian tombol angka 4 - dilayar POW ?, klik enter dan pilih L untuk Low kurang dari 1 Watt, H untuk High diatas dari 1 Watt hingga 5 Watt tergantung dari kekuatan batre. 

Atur SQL Sequel kepakaan penerimaan

Tekan tombol Menu - kemudian angka 5 dilayar SQL ? kemudian tekan enter dan pilih kepekaan dari angka 1 hingga 9 

Mengganti Warna Layar Display 

HT Weirwei ada 3 Warna latar yang bisa di ganti-ganti Ungu, Orange dan Biru tergantu hoby, caranya. klik Menu - LIGHT ? (08) kemudian Enter Light1 Warna Ungu, Light2 warna Orange, dan Light3 warna Biru. 

Berbicara dengan Scrambel 


Fungsi ini bisa dipergunakan jika sesama HT, mempunyai menu yang sama, jika digunakan pada radio yang tidak ada menu ini tidak akan bisa mendengarkan apa yang disampaikan atau dengan kata lain seperti suara robot yang tidak jelas. teknologi ini memungkinkan bisa berkomunikasi di satu frekuensi secara bersamaan tanpa saling terganggu. saat uji coba menu ini saya berbicara pada frekuensi 143.600 Mhz, dan di frekuensi tersebut sedang digunakan juga untuk berkomunikasi, saya tidak bisa mendegarkan dengan jelas apa yang sedang di bicarakan oleh teman-teman di frekuensi tersebut, dan begitu juga mereka tidak bisa mendegarkan apa yang saya bicarakan, tapi teman lain yang menggunakan radio HT Weirwei yang menggunakan menu scrambel bisa mendegarkan jelas apa yang saya sampaikan, kami berkomunikasi berempat pada satu frekuensi. Aktifkan menu ini dengan cara : Tekan tombol menu - kemudian tombol angka 6 dilayar SCR ? - kemudian tekan tombol enter dan pilih on. Selamat mencoba.


Merubah Chanel menjadi frekuensi angka


atau sebaliknya merubah dari mode angka ke channel, silahkan isi semua frekuensi yang hendak dimemorikan kemudian simpan dalam memori 1 - 128 Memori, setelah semua tersimpan, matikan radio kemudian tekan tombol enter sambil menyalakan radio, semua frekuensi yang berbentuk angka akan berganti dengan mode chanel.


Cara Reset Radio HT Weirwei vev 3288.


Cara meresetnya, matikan radio kemudian tekan dan tombol menu sambil menyalakan kembali radio dan perhatikan pada layar, akan ada tulisan RESET? kemudian tekan enter, dilayar akan muncul VFO, jika anda ingin mereset keseluruhan silahkan putar dan pilih FULL, kemudian enter dan tunggu beberapa detik jika berhasil didisplay layar menjadi CH-001.

                    Cara Setting HT Alinco DJ W10



Semoga artikel Panduan Setting Radio Weirwei V 3288, sedikit bermanfaat untuk melakukan pengaturan menu-menu weierwei ht v 3288.

1 comments

klo tdk bisa reset full pd 3288 gmn?


EmoticonEmoticon