Tips : Modifiksi dan Mengganti isi Baterai HT


Radio Kmunikasi, Tahukah Anda ? , Sebuah baterai pada Handi Talkie (HT) adalah kunci utama ibarat senjata, baterai adalah amunisinya, ketika baterai low maka HT tidak bisa memberikan banyak manfaat, sehingga baterai sangat di perhatikan dan dalam perkembangan teknologi ahir-ahir ini baterai pun menyesuaikan dengan kebutuhan yaitu dengan kapasitas semakin besar dan semakin ringan di bawa.
Macam-macam Battery

Pada tahun 90an HT masih menggunakan baterai carger yang berbentuk bulat panjang seperti baterai kamera yang lumayan berat untuk di bawa karena HT membutuhkan baterai 8 buah untuk tegangan 9,6volt dan 6 buah baterai untuk HT yang membutuhkan tegangan 7,2volt, itupun kapasitasnya sangat terbatas sedangkan konsumsi baterai untukHT pada tahun itu besar besar tidak seperti sekarang HTnya irit baterai dan baterainya menggunakan baterai litium yang besar kapasitasnya.

Seperti pengalaman kami pada waktu mengikuti BANKOM (bantuan Komunikasi) pada sebuah pemilihan kepala desa (pilkades) kami menggunakan HT 02GA dengan power 7watt selama pilkades berlangsung kami harus beberapa kali ke pos induk untuk mencarger baterai, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan anda tentang Cara Modifikasi Baterai HT Lama Menjadi Baterai Litium.


Baterai Model Lama
Modifikasi dengan Baterai Lithium













Berikut ini langkah demi langkahnya dalam memodifiksi Baterai HT yaiatu;

  1. Buka baterai pack dengan cara di congkel dengan hati hati agar tidak pecah casingnya,selanjutnya keluarkan baterai yang lama dari casingnya dan di ingat/di catat sebelum melepaskan kabel kabelnya karena kadang tidak ada tuisan -atau + pada conektornya seperti terlihat pada gambar di atas.

  2. Langkah ke 2 kita lepaskan kabel yang menghubungkan baterai ke casing dengan hati hati,gunakan solder yang bagus agar cepat dalam penyolderan karena kalau terlalu lama dan panas bisa merusakkan/melelehkan casing dan menyebabkan lepas conektornya. 

  3. Langkah berikutnya kita siapkan baterai HP 2 buah cari yang kapasitasnya besar atau dobel power agas kapasitasnya besar sehingga bisa maksimal,atau alternatif lain beli baterai HT cina yang sudah menggunakan baterai litium,kemudian kita ta lepas dan kita rakit kembai dengan hubung seri untuk memenuhi tegangan yang di butuhkan,atau kalau baterainya 9,6volt membutuhkan 3 buah baterai HP agar menjadi 10,1volt lebih tinggi 5 volt dri baterai aslinya.

  4. Masukkan kembali baterai yang telah kita hubungkan seri tadi ke dalam casing baterai,biasanya lebih longgar/masih ada sisa ruangan kosong,untuk mengatasi ini agas baterai tidak bergerak kita tambahkan busa atau yang lain agar baterai tidak longgar.

  5. Sambungkan kembali baterai yang telah kita rangkai tadi dengan conector dengan menyolder kembali,kemudian pasang tutup casing baterai dan baterai siap di uji coba.
Baterai Handy Talky

Perhatian !!!! setelah selesai di pasang pada waktu uji coba pengisian supaya di tunggu  atau sering di tengok karena kami sudah pernah mengecas baterai modifikasi ini baru kami tinggal pergi agak lama malah terbakar,dan pengalaman kami ini 2X, ada juga teman dengan pengalaman yang sama.

Permasalahanya sistem otomatisnya berbeda kalau carger ht otomtisnya menggunakan ptc (positif tension control) jadi ketika baterai panas melebihi batas dari yang tertera pada ptc maka pengecasan akan memutus arus yang masuk ke baterai sehingga baterai aman, akan tetapi kalau sistim pengisian pada hp otomatisnya dobel di perangkat dan di baterainya sendiri, untuk antisipasi rangkaian regulator pada baterai hp jangan di lepas (di gunakan) dan dengan cara ini sudah kami buktikan aman.

Dengn cara ini pengeluaran kita untuk memperbaiki  baterai HT lama kita yang telah rusak akan sedikit lebih murah di bandingkan dengan baterai aslinya karena baterai aslinya tentu lebih mahal dan kualitasnya juga tidak menjamin, karena kami juga pernah memperbaiki baterai dengan menggunkan baterai seperti aselinya yang seperti baterai untuk kamera, kami beli yang kapasitasnya besar 2200mah dan harganya mahal mereknya juga terkenal tapi ternyata tidak awet juka karena ternyata palsu.

Demikian pengalaman kami yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini tentang Cara Modifikasi Baterai Handy Talkie (HT) Lama Menjadi Baterai Litium mudah mudahan pengalaman kami ini bermanfaat bagi kita semua terima kasih da n selamat mencoba.


EmoticonEmoticon